Selasa, 18 Oktober 2016

Daftar Nama Presiden Indonesia Pertama Dan Wakil Presiden Indonesia Pertama Sampai Sekarang

Daftar Nama Presiden Indonesia Pertama Dan Wakil Presiden Indonesia Pertama Sampai Sekarang - Sebagai salah satu negara yang berdaulat dan merdeka, perjalanan panjang ketatanegaarn di Indonesia merupakan suatu pelajaran yang sangat menarik untuk dibahas. Banyak hal yang bisa kita peroleh dari mempelajari perjalanan dan perkembangan negara kita tercinta ini sampai sekarang. Pergantian Presiden dan Wakil Presiden dari masa ke masa juga merupakan bahasan yang sangat penting. Daftar nama Presiden Indonesia dan Wakil Presiden Indonesia dari awal sampai sekarang juga tak kalah menariknya.

Nama Presiden Indonesia Pertama Sampai Sekarang

Nama Presiden Indonesia Pertama Sampai Sekarang

Nama Presiden Indonesia Pertama Sampai Sekarang


Seperti kita ketahui bersama bahwasannya Indonesia telah mendapatkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Dari masa kemerdekaan sampai saat ini, Presiden Indonesia dan Wakil Presiden Indonesia telah silih berganti dalam menjalankan roda pemerintahan. Presiden pertama Indonesia adalah Ir. Soekarno dan didampingi oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta. Sedangkan Presiden Indonesia saat ini adalah Bapak Ir. Joko Widodo dan didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ada perjalanan panjang di situ, daftar nama Presiden Indonesia dan Wakil Presiden Indonesia dari awal sampai sekarang berasal dari berbagai kalangan. Bahkan dalam sejarahnya di Indonesia juga pernah dipimpin oleh Presiden wanita.

Lalu siapa sajakah sebenarnya yang menjadi pengisi daftar nama Presiden Indonesia pertama dan Wakil Presiden Indonesia dari awal sampai sekarang tersebut. Dari golongan dan partai mana saja belaiau-beliau yang menjalankan pemerintahan dari masa kemerdekaan sampai saat ini, untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasan singkat di bawah ini.

Daftar Nama Presiden Indonesia Dan Wakil Presiden Indonesia


1. Presiden Indonesia Dan Wakil Presiden Indoensia ke 1 (Ir. Soekarno - Moh. Hatta)

Presiden Indoensia pertama kali setelah merdeka sekaligus sebagai proklamator adalah Ir. Soekarno atau akrab dipanggil Bung Karno. Beliau adalah seorang yang dilahirkan di Blitar Jawa Timur pada tanggal 6 Juni 1901. Gelarnya Insinyur, ia dapatkan ketika kuliah dan lulus dari ITB Bandung. Aktifitas beliau semenjak kuliah adalah sebagai seorang pemuda yang giat dalam melakukan perjuangan untuk melawan para penjajah dalam rangka untuk kemerdekaan bangsa dan negaranya. Beliau diangkat sebagai Presiden Indonesia pertama pada tanggal 18 Agustus.

Wakil Presiden Indonesia yang pertama adalah Mohammad Hata, beliau lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 di Bukit Tinggi Sumatera Barat. Riwayat pendidikannya adalah, beliau pernah belajar di di sekolah tinggi ekonomi di Belanda. Perjalanan politiknya, ia pernah menjadi ketua PNI Baru si Bandung. Kemudian pada tanggal 18 Agustus 1945, beliau diangkat untuk menjadi wakil Presiden Indonesia untuk pertama kali sekaligus mendampingi Presiden Soekarno. Masa jabatan adalah dari tahun 1945 sampai tahun 1967.

2. Presiden Indonesia Dan Wakil Presiden Indonesia ke 2 (Jenderal (Purn) TNI. H. M. Soeharto ) 

Soeharto adalah Presiden Indonesia ke dua, beliau adalah seorang purnawirawan TNI yang lahir di Kemusuk, Argomulyo, Yogyakarta pada 8 Juni 1921. Beliau menamatkan sekolah Bintara di Gombong Jawa Tengah pada tahun 1941. Karir prajuritnya adalah, beliau bergabung dan menjadi anggota TNI pada tanggal 5 Oktober 1945. Soeharto adalah salah satu prajurit yang sangat menonjol karirnya di TNI. Peranannya mulai terlihat begitu penting ketika ia menghadapi Agresi Belanda dengan serangan umum Yogyakarta. Kemudian pada saat merebit Irian Barat, Soeharto juga dipercaya menjadi Panglima Mandala/Pembebasan Irian Barat pada tahun 1962-1963. Dan pada akhirnya pada sidang MPRS Tahun 1967, Soeharto diberikan mandat sebagai Presiden Republik Indonesia.

3. Presiden Indonesia Dan Wakil Presiden Indonesia ke 3 (Jenderal (Purn) TNI. H. M. Soeharto - Sri Sultan Hamengkubuwono IX)

Untuk Presiden Republik Indonesia ke 3 sama dengan Presiden Indonesia yang ke dua yaitu Presiden Soeharto. Namun wakil Presiden Indonesia yang ke tiga yaitu Sri Sutan Hamengkubuwono IX. Sri sultan Hamengkubuwono IX lahir di Yogyakarta, tepatnya pada 12 April 1912. Beliau pernah mengenyam pendidikan dan kuliah di Rijkuniversiteit, Belanda. Sri Sultan sendiri adalah termasuk salah satu raja di Jawa yang menentang secara terang-terangan penjajahan Belanda dan sangat mendukung kemerdekaan Republik Indonesia. Karir di dunia politik Hamengkubuwono sendiri sudah mulai sejak tahun 1946 sebagai seorang menteri kabinet. Pada tahun 1966, beliau diangkat menjadi Menteri Utama bidang ekonomi, Keuangan dan Industri. Kemudian pada tahun 1973, Hamengkubuwono diangkat menjadi Wakil Presiden RI. Masa jabatan dari Presiden Indonesia dan Wakil Presiden Indonesia ini mulai dari tahun Tahun 1973 - 1978.

4. Presiden Indonesia Dan Wakil Presiden Indonesia ke 4 (Jenderal (Purn) TNI. H. M. Soeharto - H. Adam Malik)

Masih seperti Presiden Indonesia ke 3, Presiden Indonesia ke 4 adalah Jend. Soeharto sedangkan untuk wakil nya sudah berganti. Untuk Wakil Presiden Indonesia ke 4 adalah H. Adam Malik. Adam Malik adalah seorang tokoh yang lahir di Pematang Siantar Sumatera Utara tepatnya pada tanggal 27 Juli 1971. Beliau adalah pendiri dari kantor berita Antara, Adam Malik mendirikan Antara di Jakarta pada tahun 1971. Adam Malik sendiri adalah seorang yang aktif di dunia Politik, ia mendirikan Partai Rakyat dan Partai Murba pada tahun 1946 - 1958. Beliau kemudian dilantik menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia pada tanggal 23 Maret 1978. Untuk masa jabatan Presiden ke empat ini adalah mulai dari tahun 1978 sampai dengan 1983.

5. Presiden Indonesia Dan Wakil Presiden Indonesia ke 5 (Jenderal (Purn) TNI. H. M. Soeharto - Jenderal (Purn) Umar Wirahadikusumah)

Masih tetap sama dengan Presiden sebelumnya, Presiden Indonesia ke 5 adalah Jend. Soeharto. Dalam menjalankan roda pemerintahan, beliau didampingi oleh Jend. Purn Umar Wirahadikusumah sebagai Wakil Presiden. Jendral Purn. Umar Wirahadikusumah sendiri adalah sosok yang dilahirkan di Situraja, Sumedang Jawa Barat pada tanggal 1 Oktober 1924. Beliau adalah orang yang membentuk Tentara Keamanan Rakyat atau TKR di Cicalengka. Karir nya kemudian diangkat menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia pada tahun 1983.

6. Presiden Indonesia Dan Wakil Presiden Indonesia ke 6 (Jenderal (Purn) TNI. H. M. Soeharto - Letjend Purn Sudharmono, S.H)

Presiden ke 6 RI masih sama dengan Presiden sebelumnya yaitu Muhammad Soeharto, namun pasangannya kini berganti dengan Letjend Purn Sudharmono, S.H. Untuk Wakil Presiden Sudgarmono, beliau adalah seorang yang dilahirkan di Cerme, Gresik, Jawa Timur pada tanggal 12 Maret 1927. Pendidikan hukumnya diseseaikan di Fakultas Hukm UI pada tahun 1926. Karir di bidang hukumnya adalah, beliau pernah menjadi Jaksa Tentara tertinggi di Medan sekaligus Jaksa Tentara merangkap sebagai perwira staf Penguasa Perang Tertinggi. Pengangkatan Sudharmono menjadi Wakil Presiden adalah pada periode 1988-1993.

7. Presiden Indonesia Dan Wakil Presiden Indonesia ke 7 (Jenderal (Purn) TNI. H. M. Soeharto - Jendral Purn Try Sutrisno)

Masih tetap sama seperti Presiden sebelumnya, Presiden Indonesia ke 7 adalah Bapak M. Soeharto namun dengan wakil Presiden yang berbeda. Wakil Presiden untuk Presiden Indonesia ke 7 adalah Bapak Try Sutrisno. Try Sutrisno sendiri adalah seorang Jendral Purnawirawan yang lahir pada tanggal 15 November 1935 di Surabaya, Jawa Timur. Peran Jend. Try Sutrisno dalam penumpasan pemberontakan cukup besar, yakni terutama pada pemberontakan DI/TII. Beliau memiliki peran penting dalam Operasi Pemberantasan DI/ T II di Aceh tahun 1957. Selain itu, beliau juga ikut serta dalam pembebasan Irian Barat 1962, Penumpasan G 30 S/PKI. Kemudian beliau diangkat menjadi wakil Presiden RI pada masa periode 1993 sampai 1998.

8. Presiden Indonesia Dan Wakil Presiden Indonesia ke 8 (Jenderal (Purn) TNI. H. M. Soeharto - B.J. Habibie)

Pada masa ini, Indonesia dilanda krisis moneter yang hebat. Presiden saat itu adalah Soeharto dengan wakilnya adalah Prof. Dr. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie. Pada tahun 1998 itulah Presiden Soeharto mendapat banyak protes dan demo besar-besaran dari Mahasiswa. Yang kemudian keadaan yang tak terkendali, sehingga pada puncaknya Presiden Soeharto dipaksa untuk turun dari Jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia dan kemudian digantikan oleh wakilnya bapak Habibie.

9. Presiden Indonesia Dan Wakil Presiden Indonesia ke 9 (Prof. Dr. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie)

Presiden ke 9 Indonesia adalah Bapak Habibie, beliau menggantikan Presiden Ri sebelumnya yang diturunkan paksa yaitu Bapak Soeharto. Bapak Habibie sendiri menjalankan masa pemerintahannya mulai tahun 1998 sampai tahun 1999. Prof. Dr. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie adalah seorang tokoh yang dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan pada tanggal 25 Juni 1936. dalam dunia teknologi, kemampuan beliau sangat diperhitungkan di dunia. Bahkan ada beberapa teknologi beliau yang digunakan sampai saat ini dalam perakitan sebuah pesawat terbang di dunia.

10. Presiden Indonesia Dan Wakil Presiden Indonesia ke 10 (KH. Abdurrahman Wahid - Megawati Soekarnoputri)

Presiden Indonesia ke sepuluh adalah seorang Kyai, Beliau adalah Presiden pertama di Indonesia dari golongan alim ulama, Beliau adalah KH. Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Dus Dur. Gus Dur adalah cucu pendiri Nahdlatul Ulama, KH. Hasyim Asyarie. Beliau lahir pada tanggal 14 Agustus 1940 di Jombang Jawa Timur, selain tokoh dan ketua PBNU, beliau juga seorang budayawan. Gus Dur dilantik menjadi Presiden tepat pada tanggal 20 Oktober 1999 yang kala itu diwakili oleh wakil Presiden Megawati Soekarnoputri.

Megawati Soekarnoputri sendiri adalah tokoh dari PDIP sekaligus ketua umum PDIP. Beliau adalah putri dari Proklamator Indonesia Bung Karno. Mereka berdua diduetkan menjadi Presiden dan Wakil Presiden karena di pandang sebagai perwakilan dari golongan nasionalis dan golongan agamis. Masa kekuasaan Gus Dur dan Megawati adalah tahun 1999 sampai tahun 2001.

11. Presiden Indonesia Dan Wakil Presiden Indonesia ke 11 (Megawati Soekarnoputri - Hamzah Haz)

Melanjutkan tampuk kepemimpinan Gus Dur, Megawati Soekarnoputri terpilih menjadi Presiden ke 11. Pendamping Megawati sebagai wakil Presiden kala itu adalah Hamzah Haz. Megawati adalah salah satu dari putri Bung Karno yang terjun di dunia politik. Beliau dilahirkan pada tanggal 23 Januari 1946 di Yogyakarta. Sedangkan untuk wakil Presiden Hamzah Haz, beliau adalah sosok politisi dari PPP. Beliau dilahirkan pada tanggal 15 Februari 1940 di ketapang, Pontianak, Kalimantan Barat.

12. Presiden Indonesia Dan Wakil Presiden Indonesia ke 12 (Susilo Bambang Yudhoyono - Jusuf Kalla)

Presiden Indonesia selanjutnya atau presiden ke 12 adalah Bapak Susilo Bambang Yudhoyono atau akrab dipanggil SBY. Beliau berpasangan dengan Bapak Jusuf Kalla sebagai wakil presidennya. Bapak SBY lahir 9 September 1949 di Pacitan, Jawa Timur. Bapak SBY sendiri adalah seorang purnawirawan Jendral, dan karir politiknya bermula ketika ia menjadi anggota DPR dari fraksi utusan golongan. Dan kemudian berlanjut menjadi Menteri Koordinator Bidang POlitik, Sosial dan Keamanan atau sering disingkat sebagai Menko Polsoskam.

Untuk wakilnya, yaitu Bapak Jusuf Kalla, beliau dilahirkan di Watampone Sulawesi Tengah pada tanggal 15 Mei 1942. Karir politik Jusuf Kalla sudah dirintis sejak lama, mulai dari menjadi anggota MPR, kemudian menjadi Menteri merangkap Kabulog, dan kemudian pada tahun 2004 terpilih menjadi Wakil Presiden mendampingi SBY. Masa bakti mereka berdua adalah mulai dari tahun 2004 sampai 2009.

13. Presiden Indonesia Dan Wakil Presiden Indonesia ke 13 (Susilo Bambang Yudhoyono - Budiono)

Untuk Presiden Indonesia ke 13 masih sama, yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, karena beliau terpilih menjadi Presiden dua periode. Namun yang berbeda adalah wakilnya, karena kini wakilnya adalah Bapak Budiono seorang ekonom handal yang sangat sederhana dan bersahaja. Prof. Dr. H. Boediono, M.Ec adalah seorang tokoh yang dilahirkan di Blitar pada tanggal 25 Februari 1943. Dalam dunia politik, Beliau nampaknya tidak memiliki rekam jejak karir sama sekali. Namun dalam dunia ekonomi, banyak sekali jabatan penting yang pernah ia emban. Mulai dari Gubernur Bank Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri Negara Perencanaan dan Pembangunan Nasional/ Kepla Bappenas, Direktur Bank Indonesia. Dan bahkan beliau juga pernah mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada sebagai seorang guru besar. Masa jabatan Bapak SBY dan Bapak Budiono adalah mulai dri tahun 2009 sampai pada tahun 2014.

14. Presiden Indonesia Dan Wakil Presiden Indonesia ke 14 ( Ir. H. Joko Widodo - Jusuf Kalla)

Presiden Indonesia ke 14 atau Presiden RI saat ini adalah Bapak Joko Widodo atau akrab disapa dengan Jokowi. Beliau sebelum menjabat sebagai Presiden adalah seorang Gubernur yang bertugas di DKI Jakarta, dan sebelum menjadi Gubernur, beliau adalah seorang Walikota di Solo yang menjabat mulai dari tahun 2005 sampai 2012. Beliau adalah tokoh yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961. Saat ini, beliau berpasangan bersama Bapak Jusuf Kalla untuk menjalankan roda pemerintahan RI dari tahun 2014 sampai tahun 2019.

Nah teman-teman, itulah nama-nama Presiden pertama Indonesia dan nama wakil Presiden pertama Indonesia sampai sekarang. Semoga informasi terkait nama Presiden Indonesia pertama smapai saat ini dan nama Wakil Presiden Indonesia pertama sampai sekarang di atas bisa berguna dan menambah wawasan kita semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Daftar Nama Presiden Indonesia Pertama Dan Wakil Presiden Indonesia Pertama Sampai Sekarang

0 komentar:

Posting Komentar