Minggu, 27 November 2016

Pengertian Sistem Pemerintahan

Pengertian Sistem Pemerintahan - Dalam setiap negara tentu saja memiliki sistem pemerintahan untuk menjalankan roda pemerintahannya. Di dunia sendiri, untuk menjalankan pemerintahan ini, ada beberapa sistem pemerintahan yang bisa dan biasa digunakan. Sistem pemerintahan yang digunakan dalam menjalankan pemerintahan pada umumnya adalah ada dua sistem. Sistem pemerintahan yang pertama adalah sistem pemerintahan presidensial sedangkan sistem pemerintahan yang ke dua adalah sistem pemerintahan parlementer.

Pengertian Sistem Pemerintahan
Pengertian Sistem Pemerintahan
Namun sebelum memahami kedua jenis sistem pemerintahan tersebut, ada babiknya jika kita mempelajari terlebih dahulu pengertian sistem pemerintahan. Apakah yang dimaksud dengan sistem pemerintahan, apa juga definisi sistem pemerintahan, mari kita pelajari bersama-sama.

Pengertian Sistem Pemerintahan


Pengertian sistem pemerintahan secara umum atau secara garis besar adalah suatu susunan yang teratur dari berbagai kegiatan atau bisa berupa hubungan kerja antar lembaga legislative, eksekutif dan yudikatif dalam rangka untuk menyelenggarakan pemerintahan suatu negara. Namun pengertian sistem pemerintahan negara dalam ilmu hukum tata negara memiliki dua pemahaman, yaitu pengertian sistem pemerintahan secara sempit dan pengertian sistem pemerintahan secara luas.

Pengertian sistem pemerintahan dalam arti sempit adalah sebiah kajian yang melihat hubungan antara legislatif dan eksekutif dalam sebuah negara. Nah, dari kajian pengertian sistem pemerintahan ini kemudian menghasilkan dua model sistem pemerintahan yaitu sistem pemerintahan parlementer dan sistem pemerintahan presidensial. Sedangkan pengertian sistem pemerintahan dalam arti luas adalah sebuah kajian pemerintahan negara yang bermula dari hubungan antar semua organisasi dan atau lembaga yang ada dalam suatu negara. Termasuk juga di dalamnya adalah hubungan antara pemerintahan pusat dan bagian-bagian yang ada di dalamnya. Nah, bertolak dari kajian dan pandangan pengertian sistem pemerintahan model seperti ini kemudian menelurkan sistem pemerintahan yang dibedakan menjadi negara kesatuan, negara serikat (federal) dan Negara Konfederasi.

Kemudian pengertian sistem pemerintahan selain dari kedua pengertian di atas, ada juga pengertian sistem pemerintahan yang sangat luas. Pengertian sistem pemerintahan sangat luas yaitu kajian pandangan pengertian sistem pemerintahan yang lebih menitik beratkan kepada hubungan antar negara dan rakyatnya. Dan berdasar dari cara pandang pengertian sistem pemerintahan seperti ini kemudian membawa sistem pemerintahan dibedakan menjadi pemerintahan monarki, pemerintahan aristokrasi dan pemerintahan demokrasi.

Artikel lain :

Selain ke tiga pengertian sistem pemerintahan tersebut, ada juga pengertian sistem pemerintahan yang didasarkan kepada pandangan para ahli. Pengertian sistem pemerintahan dari pandangan ahli ini tentu berbeda-beda dan memiliki pemahaman yang tidak sama. Perhatikan penjelasannya di bawah ini.

Pengertian sistem pemerintahan menurut Aristoteles :

Sistem pemerintahan adalah membagi bentuk pemerintahan menurut jumlah orang yang memerintah dan sifat pemerintahannya menjadi enam yaitu monarki, tirani, aristokrasi, oligarki, republik (politea) dan demokrasi.

Pengertian sistem pemerintahan menurut Polybus :

Sistem pemerintahan adalahmembagi bentuk pemerintahan menurut jumlah orang yang memerintah serta sifat pemerintahannya, berdasar sudut pandang ini dapat dibedakan enam jenis pemerintahan yakni monarki, tirani, aristokrasi, oligarki, demokrasi dan anarki (oklorasi).

Pengertian sistem pemerintahan menurut Kranenburg :

Adanya ketidakpastian penggunaan istilah monarki dan republik untuk menyebut bentuk negara atau bentuk pemerintahan.

Pengertian sistem pemerintahan Menurut Leon Duguit :

Membagi bentuk pemerintahan berdasarkan cara penunjukan kepala negaranya yakni sistem republik kepala negaranya diangkat lewat pemilihan, sedangkan sistem monarki kepala negaranya diangkat secara turun temurun.

Pengertian sistem pemerintahan Menurut Jellnec :

Sistem pemerintahan adalah membagi bentuk pemerintahan menjadi dua yakni republik dan monarki, pendapat ini sejalan dengan apa yang akan dikemukakan oleh leon duguit.


Itulah beberapa pengertian sistem pemerintahan yang bisa belajartatanegara sampaikan kepada Anda semua. Pengertian sistem pemerintahan yang kami sampaikan di sini adalah berasal dari berbagai sumber, dan jika saja ada kesalahan terkait informasi yang kami sampaikan, kami mohon pembaca semua bersedia memberikan koreksi melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Sistem Pemerintahan

0 komentar:

Posting Komentar