Jumat, 03 Februari 2017

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemerintahan Parlementer

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemerintahan Parlementer - Di dalam peradaban modern seperti saat ini, sistem pemerintahan setiap negara memang berbeda-beda. Namun, meski berbeda, sistem pemerintahan di banyak negara di dunia ini rata-rata atau mayoritas menggunakan dua sistem pemerintahan yang sudah populer yaitu sistem pemerintahan parlementer dan sistem pemerintahan presidensial. Kedua sistem ini dianggap sebagai sistem pemerintahan yang sangat tepat untuk mengakomodir berbagai kepentingan di negara modern seperti saat ini.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemerintahan Parlementer
Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemerintahan Parlementer

Namun demikian, perdebatan antara mana yang lebih baik antara sistem pemerintahan parlementer dan sistem pemerintahan presidensial tetap selalu menarik untuk didiskusikan. Pada dasarnya, kedua sistem pemerintahan ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang tentu saja bisa disesuaikan dengan negara yang menganutnya. Nah, untuk kesempatan kali ini, akan kami sampaikan semacam ringkasan mengenai kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan parlementer tersebut. Karena bagaimanapun juga, kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan parlementer ini penting diketahui untuk meningkatkan pemahaman kita terhadap sistem pemerintahan baik parlementer, maupun sistem pemerintahan yang lainnya.

Baik, sebelum lebih jauh mengenai kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan parlementer, ada baiknya Anda mengetahui beberapa negara yang menggunakan sistem pemerintahan parlementer. Di Asia sendiri, ada banyak sekali negara yang menggunakan sistem pemerintahan parlementer diantaranya adalah, Bangladesh, Butan. India, Jepang, Iraq, Kamboja dan masih banyak lagi yang lainnya. Di Indonesia sendiri sistem pemerintahan menggunakan sistem pemerintahan presidensial yang pemerintahannya dikepalai oleh Presiden. Dalam perjalanan bernegeranya, ada beberapa kali pergantian Presiden di Indnonesia sehingga tentunya ada beberapa nama Presiden yang pernaham menjabat di Indonesia (Nama-nama Presiden Indonesia Dari Awal Sampai Sekarang).

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemerintahan Parlementer


Kelebihan Sistem Pemerintahan Parlementer

  • Pembuat kebijakan dapat diambil secara cepat karena penyesuaian pendapat antara eksekutif dan legislative mudah terjadi. Hal ini disebabkan kekuasaan pada badan eksekutif dan badan legislative pasti berada pada satu partai atau koalisi partai.
  • Koridor tanggung jawab dalam pembuatan dan pelaksanaan kebijakan publik sangat jelas.
  • Pengawasan dari parlemen sangat besar terhadap cabinet yang berkuasa sehingga kabinet menjadi sangat berhati-hati dalam menjalankan pemerintahan.

Kekurangan Sistem Pemerintahan Parlementer

  • Kedudukan badan eksekutif sangat bergantung pada dukungan parlemen sehingga sewaktu-waktu kabinet dapat dijatuhkan oleh parlemen.
  • Keberlangsungan badan eksekutif tidak bisa ditentukan berakhir sesuai dengan masa jabatannya karena sewaktu-waktu kabinet dapat dibubarkan oleh parlemen.
  • Sering juga kabinet bisa mengendalikan parlemen. Hal ini terjadi apabila anggota anggota kabinet adalah anggota parlemen dan berasal dari partai mayoritas. Oleh karena itu pengaruh mereka yang besar diparlemen dan partai maka anggota anggota cabinet pun dapat mengusai parlemen.
  • Parlemen dapat menjadi tempat kaderisasi bagi jabatan-jabatan eksekutif beda halnya dengan system pemerintahan presidensial. Pengalaman mereka menjadi anggota parlemen akan sangat bermanfaat dan menjadi cikal bakal karakter yang penting untuk menjadi menteri atau jabatan eksekutif lainnya.
Nah teman-teman, itulah sedikit ringkasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemerintahan Parlementer yang bisa kami sampaikan untuk kalian semua. Insyaalloh di lain waktu dan kesempatan akan kami sampaikan uraian mengenai kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan presidensial sebagai pembanding. Karena akan sulit rasanya jika hanya melihat satu sistem pemerintahan saja ketika kita ingin belajar dan memahami sistem pemerintahan di suatu negara.
Baca juga :
Untuk itu, semoga sedikit informasi terkait Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemerintahan Parlementer di atas bisa menambah pengetahuan kita mengenai sistem pemerintahan parlementer. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemerintahan Parlementer

0 komentar:

Posting Komentar