Rabu, 01 Februari 2017

Perbedaan Sistem Pemerintahan Presidensial dan Sistem Pemerintahan Parlementer

Perbedaan Sistem Pemerintahan Presidensial dan Sistem Pemerintahan Parlementer - Seperti kita ketahui bersama bahwasannya sistem pemerintahan di dunia ini ada dua yang sangat populer. Sistem pemerintahan presidensial dan sistem pemerintahan parlementer. Kedua sistem pemerintahan tersebut adalahs istem pemerintahan yang paling banyak digunakan oleh negara-negara di dunia. Hal ini cukup wajar, karena memang kedua sistem pemerintahan ini dianggap sebagai sistem pemerintahan yang sangat relevan dan sangat cocok dengan perkembangan masyarakat dan pemerintahan dewasa ini. Maka tak heran jika banyak negara modern di dunia yang menggunakan salah satu dari ke dua sistem pemerintahan tersebut.

Perbedaan Sistem Pemerintahan
Perbedaan Sistem Pemerintahan

Bagi sebagian dari kita mungkin ada yang masih belum mengerti dan faham betul mengenai pengertian sistem pemerintahan presidensial maupun sistem pemerintahan parlementer. Ada baiknya jika Anda termasuk yang belum mengerti, baca dulu pengertian sistem pemerintahan presidensial dan pengertian sistem pemerintahan parlementer. Karena akan memudahkan Anda lebih memahami perbedaan sistem pemerintahan presidensial dan sistem pemerintahan parlementer, ketika Anda sudah mengerti dengan benar pengertian sistem pemerintahan presidensial dan pengertian sistem pemerintahan parlementer.

Sebagai warga negara yang baik, tentu kita juga harus memahami kedua sistem pemerintahan tersebut. Selain itu, karena kedua sistem pemerintahan ini juga ada Presiden di dalamnya, maka ada baiknya juga kita mengerti dan tahu nama-nama Presiden Indonesia dari awal sampai sekarang. Karena dalam perjalanan bernegara dan berbangas, Indonesia memiliki banyak nama-nama Presiden Indonesia dari awal sampai sekarang yang tentunya berbeda-beda.

Baik, setelah mengerti pengertian sistem pemerintahan presidensial dan pengertian sistem pemerintahan parlementer, kini kita sampai kepada pembahasan perbedaan sistem pemerintahan presidensial dan sistem pemerintahan parlementer. Untuk lebih jelasnya, langsung saja dilihat pada penjelasan seperti di bawah ini.

Perbedaan Sistem Pemerintahan Presidensial dan Sistem Pemerintahan Parlementer

1. Kepala Pemerintahan

Perbedaan antara presidensial dan parlementer yang pertama adalah pada Kepala Pemerintahan. Jika pada Presidensial Kepala Pemerintahan adalah Presiden, sementara pada Parlementer kepala pemerintahan dipimpin oleh Perdana Menteri.

2. Masa Jabatan Kepala Pemerintahan

Perbedaan antara Presidensial dan Parlementer selanjutnya adalah pada masa jabatan. Pada parlementer masa jabatan kepala pemerintahan terbatas dan memiliki jangka waktu yang ditentukan konstitusi. Sedangkan pada sistem pemerintahan parlementer masa jabatan kepala pemerintahan tidak ditentukan jangka waktunya.

3. Sistem Pemilu

Pada sistem presidensial, Presiden dipilih langsung oleh rakyat sedangkan pada sistem pemerintahan parlementer, Perdana Menteri dipilih oleh parlemen.

4. Posisi Eksekutif

Pada sistem pemerintahan presidensial, posisi eksekutif dipegang oleh partai politik yang telah memenangkan pemilu, yang bisa diisi oleh orang perorang yang bukan dari partai pemenang tersebut. Sedangkan pada sistem pemerintahan parlementer, posisi eksekutif dipegang oleh partai politik dengan suara terbanyak dari pemilihan umum.

5. Pemberhentian Kepala Pemerintahan

Presiden, sebagai kepala pemerintahan presidensial, hanya bisa diberhentikan atau dimakzulkan jika ada indikasi adanya kesalahan berat yang dilakukan. Sementara, perdana menteri bisa diberhentikan oleh parlemen kapanpun dengan mengeluarkan mosi tidak percaya.

6. Tanggung Jawab

Untuk tanggung jawab, Presiden tidak memiliki tanggung jawab kepada Parlemen karena adanya legitimasi presiden yang berada pada rakyat secara langsung. Sedangkan Perdana Menteri memiliki tanggung jawab terhadap parlemen karena telah dipilih oleh Parlemen.


Nah teman-teman, itulah sedikit informasi terkait Perbedaan Sistem Pemerintahan Presidensial dan Sistem Pemerintahan Parlementer yang bisa kami sampaikan untuk Anda sekalian. Semoga sedikit informasi terkait Perbedaan Sistem Pemerintahan Presidensial dan Sistem Pemerintahan Parlementer bisa menambah wawasan kita dan pemahaman kita tentang Sistem Pemerintahan Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan Sistem Pemerintahan Presidensial dan Sistem Pemerintahan Parlementer

0 komentar:

Posting Komentar